Perbedaan Server NA dan JP dalam Game Fate Grand Order

Bingung mau pilih server yang mana? Bagi kamu yang baru saja mengenal game bernama Fate/Grand Order atau sering disingkat FGO ini mungkin akan bingung memilih memainkan game di server JP atau NA. Game ber-genre Turn Base RPG ini merupakan salah satu game paling terkenal di dunia, game ini bisa dimainkan di platform Android maupun iOS namun game ini tidak tersedia di regional Indonesia dan kamu harus men-download game ini melalui situs pihak ketiga seperti QooApp, ApkPure, atau sejenisnya.

Game FGO ini terdapat beberapa server diantaranya adalah server Japan, North America atau English, Korea, China, dan Taiwan. Masing-masing game ini memiliki perbedaan, namun pada artikel ini kita akan membahas 2 Server saja yang sering dimainkan oleh pemain di dunia. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara Server NA dan JP.

Server JP

Server JP atau Japan adalah server pusat dari game Fate/Grand Order. Rilis sejak 30 Juli 2015 menjadikan server yang pertama kali dirilis dari semua server yang ada. Seperti namanya, server ini berada di Jepang dan game ini sendiri semua fiturnya berbahasa Jepang. Tidak ada pilihan bahasa dalam game ini, jadi jika kamu yang ingin memainkan game FGO di server ini, disarankan untuk belajar bahasa Jepang terlebih dahulu terutama tulisan Hiragana, Katakana, dan Kanji. Jika ada fitur baru di game FGO maka server JP inilah yang pertama kali menikmatinya, selain itu Servant baru juga akan pertama kali bisa dinikmati di server ini. Karena sudah lama, server ini tidak disarankan bagi kamu yang baru saja mengenal game Fate/Grand Order apalagi bagi kamu yang baru mengenal sistem Gacha dan genre Turn Base RPG. Dan karena merupakan server pusat, tidak aneh kalau server ini lebih sering membagikan hadiah daripada server lainnya.


Server NA

Server NA (North America) atau Server English kadang ada juga yang menyebutnya server USA adalah server ketiga yang rilis setelah server China. Seperti namanya, server ini berada di Amerika Serikat dan berbahasa Inggris. Meskipun letak server ini di Amerika, tetapi server ini memiliki regional yang cukup luas dan tersedia di beberapa negara tidak hanya Amerika saja. Oleh karena itu, banyak juga yang menyebut server ini dengan sebutan Server Global meskipun game ini hanya memiliki satu bahasa saja. Rilis pada 25 Juni 2017, Server ini berbeda 2 tahun dari Server JP. Jadi jika ada Event yang sedang berlangsung sekarang di JP maka di NA harus menunggu 2 tahun kemudian, begitu pula jika ada Servant baru. Meskipun begitu, beberapa fitur baru yang baru saja rilis di Server JP kadang fitur tersebut akan rilis lebih cepat dan diadaptasi di Server NA.


Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan, kalau Server JP berbahasa Jepang sedangkan Server NA berbahasa Inggris. Dan Server NA berbeda 2 tahun dari Server JP. Jika kamu adalah pemula disarankan bermain di Server NA namun jika kamu ingin menikmati fitur dan Servant baru maka kamu bisa memilih Server JP dengan catatan kamu harus paham terlebih dahulu dengan sistem game dan juga bahasa Jepang di dalamnya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Bodi amat anjerrr bodo amatttt !!!! , Server Jp ya bahasa Jepang lah , Dari dulu juga gitu bbgst anak kecil pun tauu anjg

    BalasHapus